macam macam bentuk cinta

macam macam bentuk cinta
Macam-macam bentuk cinta

Cinta merupakan sesuatu yang misteri dan mempunya berbagai macam cabang atau bentuk. Adapun macam-macam bentuk cinta tersebut adalah sebagai berikut:
Macam-macam bentuk cinta yang petama adalah cinta kepada orang lain karena motivasi terhadap diri orang tersebut. Ini mungkin terjadi. Seseorang akan merasa nikmat mana kala memandang, mengenal, dan menyaksikan budi pekerti orang yang dicintainya. Rasa senang itu dikarenakan ia menilainya baik.

Macam-macam bentuk cinta yang kedua, ialah mencintai seseorang karena mengharapkan sesuatu dari orang itu (penjilat). Cintanya dijadikan sarana untuk kepentingan pribadi. Jika seseorang tidak memberikan keuntungan, ia tidak mencintainya. Cinta ini bagai orang mencintai emas, perak atau uang. Pada pada benda tersebut tidak bisa langsung dimakan. Kecintaannya karena ia bisa dipakai untuk sarana menyenangkan hidup. Orang mencintai seseorang karena ingin mendapatkan jabatan, melancarkan rencananya, atau hal-hal lainnya
Macam-macam bentuk cinta yang ketiga adalah mencintai seseorang karena suatu diluar objek cinta yang tidak sebatas dunia melainkan terkait dengan akhirat. Misalnya murid mencintai gurunya karena ingin mendapatkan ilmu sehingga ia memiliki akhlak luhur demi tujuan kebahagiaan dunia dan akherat. Misalnya orang lelaki menikahi perempuan shalih dengan maksud menjaga diri dari godaan setan dan memelihara agama, atau juga guna mendapatkan keturunan yang baik, sehingga ia mencintai pasangannya.
Macam-macam bentuk cinta yang keempat adalah menyintai demi dan karena Allah swt, bukan karena yang lain. Cinta yang demikianlah yang paling tinggi kedudukannya, begitu halus dan nyaris tak tampak oleh mata manusia. Salah satu tanda dominasi cinta adalah mencintai segala hal yang terkait dengan objek sekalipun. Sebagai gambaran seorang pemuda mencintai gadis, maka ia tidak hanya cinta kepada gadis itu, melainkan juga mencintai orang yang mencintai gadis itu, orang yang dicintai gadis itu, teman-teman si gadis, kampung halamannya, dan semua hal yang dicintai atau dibenci gadis itu.

Demikianlah empat macam bentuk cinta, dan termasuk yang manakah cinta yang sahabat miliki sekarng? Hanya diri kita sendiri yang mampu menjawabnya, dan mudah-mudahan kita mampu memiliki cinta karena Allah swt. Amin

Popular posts from this blog

Desain Dapur Minimalis Kecil Rumah Type 36 Terbaik

YouTobe for Mobile